Kerjasama antara : Perusahaan Perdagangan Indonesia ( BUMN ) & Indonesia In Your Hand di Eropa

Amsterdam, 3 September 2022
Benua Eropa seluas 10,5 Juta km2, 51 Negara dan 746 juta penduduk merupakan potensi pasar yang besar bagi produk Indonesia. Peluang ini diambil oleh Amirage International BV yang sejak 2016 mengelola Indonesia In Your Hand wilayah Eropa dibidang : Fulfillment Center, Promosi, Perdagangan & Teknologi Informasi di Eropa dengan Belanda sebagai Export Hub ke 51 Negara di Eropa.
  
Dan Pemerintah Republik Indonesia dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak pada bidang bisnis perdagangan domestik, internasional, pergudangan, dan logistic yaitu PT. Perusahaan Perdagangan Indonesia Persero ( PPI ) dibawah Holding ID FOOD.
Bertepatan dengan pelaksanaan Pasar Kopi di Amsterdam, ini adalah kesempatan yang sangat baik bagi PPI member of ID Food untuk dapat berinteraksi dengan konsumen mancanegara secara langsung, khususnya Uni Eropa, dalam menikmati ragam kopi dari Indonesia. Selain itu, acara tersebut juga diharapkan terjadi business expansion yang lebih luas, sehingga Indonesia, khususnya PPI, dapat menjadi eksportir utama produk kopi untuk pasar dunia.
PPI yang tergabung dalam PMO Kopi Nusantara mendukung penuh upaya Pemerintah untuk meningkatkan value added dari kopi Indonesia dalam pasar domestik maupun global dengan ekosistem yang baik dari hulu hingga hilir.
Untuk itu PT. Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI) dan Amirage International BV ( Indonesia In Your Hand wilayah Eropa ) sepakat untuk saling mendukung Supply Chain Product Indonesia dengan Belanda sebagai Export Hub di Eropa, dimana PT. Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI) menyediakan produk dan pengiriman ke Eropa dan Amirage International BV ( Indonesia In Your Hand wilayah Eropa ) sebagai Fulfillment Center – Smart City Storage untuk penyediaan stok barang di Eropa, penjualan produk menggunakan International Marketplace seperti Amazon, Bol, Homedeco, Etsy, penjualan retail di Toko Suasa (Portugal), Restauran Sabor Nusantara dan Casa De Indonesia (Spanyol), Indonesia Store (Finlandia) dan penjualan melalui platform Metaverse yaitu METASMESTA.
Di dalam rangkaian kegiatan di Amsterdam, PT. Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI) juga melaksanakan penandatanganan MoU dengan Amirage International B.V ( Indonesia In Your Hand wilayah Eropa ). ihwal ekspor dan impor produk dan atau komoditi untuk pemenuhan kebutuhan di Eropa.
Pada kesempatan ini, Menteri BUMN Erick Thohir menyempatkan diri membuka pameran Pasar Kopi tersebut.
Erick mengatakan Pasar Kopi ini bertujuan mengangkat posisi Indonesia agar menjadi aktor penting dalam rantai suplai perdagangan kopi Indonesia di tingkat internasional. Dalam event itu, ucap Erick, Indonesia membawa sampel kopi sebanyak lebih dari setengah ton dengan 97 jenis kopi, mulai dari green bean hingga produk turunannya. Kopi-kopi tersebut, berasal dari 11 daerah, yakni Ijen, Gayo, Mandailing, Karo, Lampung, Kerinci, Java Preanger (area Garut dan Bandung), Dieng, Bali Kintamani, Flores, dan Toraja.
"Agenda bertajuk Indonesian Coffee Market; Coffee Revolution ini sangat bagus karena membawa pengunjung mengenal lebih jauh tentang perjalanan kopi nasional. Sambil mencoba beragam kopi asli hasil perkebunan Indonesia, mereka juga akan disuguhkan pameran sejarah produksi kopi, serta berbagai jenis kopi dan produk turunannya," ujar Erick.
Andry Tanudjaja, Direktur Komersial & Pengembangan , PT. Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI) yang hadir dalam perhelatan tersebut, juga berharap kerja sama dengan berbagai pihak dalam PMO ini akan membuahkan hasil maksimal.
"Kami berharap kolaborasi dari berbagai pihak ini akan mampu mendorong kemajuan ekosistem industri kopi di Tanah Air dan mampu mengakomodasi kepentingan pelaku bisnis kopi hingga mendorong industri kopi dalam negeri untuk berdaya saing global," pungkas Andry.
“Sebuah kehormatan yang sangat besar dengan disaksikan oleh Menteri BUMN Erick Tohir yang membawahi 72 BUMN salah satunya , PT. Perusahaan Perdagangan Indonesia Persero , BUMN di bidang Trading & Logistic bekerja sama dengan Amirage International BV atau Indonesia In Your Hand wilayah Eropa sebagai badan usaha di Belanda yang kepemilikan sahamnya 100% milik orang Indonesia”
“Kami berupaya untuk menyediakan Tol Laut dari Jakarta ke Rotterdam untuk membawa produk Indonesia, menyediakan warehouse di Belanda sebagai export hub, menyediakan store operator untuk penjualan Online sehingga mempercepat pengiriman barang ke tangan pembeli di Eropa, untuk program jangka pendek kami dan PPI akan membuat paket hampers untuk Natal dan Tahun Baru salah satu nya dengan cara menjualan produk melalui Metaverse buatan anak bangsa yaitu METASMESTA” seperti yang disampaikan oleh Amiranto Adi Wibowo selaku CEO Amirage International BV.
Kedepan Indonesia In Your Hand akan segera meluncurkan Pasar UKM di Bekasi sebagai Fulfillment Center Produk UKM sebelum dikirim ke luar negeri dalam upaya meningkatkan penjualan produk UKM di luar negeri dan ter-integasi dengan platform Metaverse yaitu METASMESTA untuk pengalaman berbelanja masa kini.