Peruri Bersinergi dengan VTP Logistic dan Indonesia In Your Hand Pasarkan Produk Mitra Binaan ke Australia, Kanada dan Eropa

Jakarta, 27 Oktober 2021

Berdasarkan pengalaman riset panjang yang dilakukan oleh Indonesia In Your Hand (IIYH), negara Australia, Kanada dan Eropa memiliki pasar yang menjanjikan untuk penjualan produk alas kaki. Hal ini tentu menjadi peluang emas bagi para pelaku bisnis (UMKM)/produsen alas kaki yang ada di Indonesia. Akan tetapi, terkadang para UMKM tidak memiliki channel dan informasi yang cukup untuk bisa melakukan ekspor ke luar negeri.

Untuk menangkap peluang tersebut, Peruri memiliki gagasan untuk mengirimkan produk-produk mitra binaannya ke luar negeri dengan cara bersinergi dengan VTP Logistic, BUMN yang bergerak di bidang logistik dan Indonesia In Your Hand (IIYH), perusahaan marketplace & fulfillment khusus ekspor.

Pada Rabu, 27 Oktober 2021 telah dilakukan seremonial pelepasan produk mitra binaan Peruri yang bergerak di bidang produksi sepatu ke Australia, Kanada dan Eropa, bertempat di Ruang Pancasatya, Kantor Pusat Peruri Jakarta. Dalam beberapa hari ke depan, produk mitra binaan Peruri akan dikirimkan ke tiga benua tersebut menggunakan jasa dari VTP Logistic, yang pengelolaan warehousing-nya menggunakan “smartcity.storage” serta penjualannya akan dikelola oleh IIYH yang bekerja sama dengan marketplace di luar negeri.

Smartcity.storage memiliki warehouse di beberapa negara di antaranya di kota Sydney-Australia, Auckland-New Zealand, Bedeque-Kanada, Madrid-Spanyol, Zutphen-Belanda, Helsinki-Finlandia serta Jakarta dan Makassar-Indonesia yang terintegrasi dengan marketplace setempat sehingga memudahkan proses penjualan yang akan mempertemukan produk-produk UMKM dengan para buyer.

Seluruh kemasan produk yang bekerja sama dengan IIYH untuk dipasarkan di luar negeri akan menggunakan Peruri Code, yaitu QR Code yang dapat di-tracing dan memiliki informasi publik dan privat di dalamnya. Dengan menggunakan Peruri Code, seluruh barang atau produk dapat dimonitor 24 jam secara real-time sehingga kita dapat mengetahui keberadaan posisi produk serta status penjualannya dapat dimonitor sehingga hal ini sangat bermanfaat bagi para eksportir, importir dan pembeli/konsumen.

Pada kesempatan ini Direktur Pengembangan Usaha Peruri, Fajar Rizki mengatakan bahwa “Penggunaan Peruri Code pada produk yang dikirim melalui Indonesia In Your Hand sangat bermanfaat bagi pembeli di luar negeri, karena semua pihak dapat mengetahui orisinalitas produk Indonesia yang mereka beli. Implementasi Peruri Code pada kemasan barang yang dikirim oleh VTP Logistic juga banyak membantu pihak-pihak terkait terutama dalam hal track and trace. Selain itu, hal ini juga merupakan bentuk konkret dukungan Peruri dalam memajukan UMKM di Indonesia sehingga bisa naik kelas ke level internasional.”

Direktur Utama VTP Logistic, Adi Nugroho turut menyampaikan sambutan saat acara simbolis pelepasan produk binaan Peruri di Kantor Pusat Peruri yaitu “Sinergi BUMN dengan Peruri dan pihak swasta Indonesia In Your Hand sangat diperlukan oleh VTP Logistic karena kami mendukung UMKM untuk dapat go internasional sehingga produk UMKM binaan Peruri dapat diterima oleh pasar di Australia, Eropa dan Kanada”.

“Penggunaan Peruri Code kami wajibkan bagi industri dan UMKM yang hendak mengirimkan produknya melalui Smartcity.Storage dan Indonesia In Your Hand, karena kami harus menjamin keaslian produk Indonesia agar tidak terjadi komplain dan juga menaikan nilai jual di marketplace yang berada di negara terkait.” kata Amiranto Adi Wibowo, CEO & Founder Indonesia In Your Hand.

Ke depan, Peruri, VTP Logistic dan Indonesia In Your Hand merencanakan penggunaan e-meterai dan digital signature Peruri (Peruri Sign) sebagai bagian dari digitalisasi UMKM yang ditetapkan oleh pemerintah dengan bekerja sama dengan pemerintah negara luar terkait agar semua data dapat terintegrasi.