Pasarkan Produk IKM ke Luar Negeri, Disperdagin Gandeng Indonesia In Your Hand

Depok, 20 Agustus 2021

Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kota Depok menggandeng lembaga Indonesia In Your Hand, guna memasarkan produk Industri Kecil Menengah (IKM) hingga ke luar negeri. Sebagai langkah awal, kemarin (19/08) diadakan kurasi terhadap 22 pelaku IKM.

Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Disperdagin Kota Depok, Martinho Vaz mengatakan, kerja sama ini merupakan terobosan baru yang dilakukan pihaknya untuk mendorong produk IKM Depok bersaing di kancah internasional. Sebab, selama ini hanya mampu menjangkau pasar lokal dan regional.

"Dengan sistem teknologi masa kini, produk IKM Depok dapat dijual secara online sampai luar negeri dengan kolaborasi bersama Indonesia In Your Hand," 

Dia menjelaskan, 22 pelaku IKM yang mengikuti kurasi adalah produsen kerajinan tangan (craft). Dikatakannya, dibanding olahan pangan, craft sangat diminati oleh masyarakat mancanegara untuk mengisi dekorasi rumah.

"Menjual produk ke luar negeri memang tidak mudah, namun kami tetap berkomitmen untuk menjual produk IKM dalam kota sampai mancanegara," ujar Martin.

Di tempat yang sama, Chief Executive Officer (CEO) dan Founder Indonesia In Your Hand, Amiranto Adi Wibowo menjelaskan, pihaknya akan membantu mengekspor produk IKM pada akhir September mendatang. Rencananya menyasar ke negara bagian Eropa, seperti Australia, Kota Helsinski Finlandia, Kota Amsterdam Belanda, dan Kota Madrid Spanyol.

Dirinya menyebut, produk yang berhasil lolos kurasi ditargetkan mampu memproduksi barang sampai satu bulan ke depan. Terdapat beberapa produk yang berpotensi untuk dijual di sana yaitu syal, sarung bantal, batik, tas laptop, dan aksesoris.

"Produk yang siap dikirim harus memenuhi beberapa kriteria. Antara lain motif sesuai keinginan negaranya, bahan, desain, harga, kemasan, foto produk, dan penjelasan terkait isi produk harus jelas," pungkasnya.